Powered By Blogger

Senin, 26 April 2010

PERAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PENGEMBANG

selasa tanggal 27 april 2010
PERANAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PENGEMBANG
A.PEMBAHASAN
1.Peranan komputer dalam pembelajaran
ada dua model pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai media alat bantu pembelajarannya,yang pertama CAI yaitu"Computer Assisted Intruction", dan yang kedua CMII yaitu"Computer Managag intruction".dalam kawasan pembelajaraqn ada empat kelas besar yang umuym digunakan oleh pendidik dalam menguunakan aplikasi komputer,yaitu:
a.komputer sebagai media pembelajaran
b.komputer sebagai objek pembelajaran
c..komputer sebagai alat pembelajaran
d.komputer mengasah logika berfikir
selain itu bahwa komputer juga memilki potensi untuk meningkatkan mutu pendidikan
2.Kendala-kendala komputer sebagai media pembelajaran diantaranhya yaitu:
a.pemerintah dalam hal pemfasilitasan komputer pada setiap lembaga pendidikan atau sekolah masih sangat kurang.Dengan fasilitas yang kurang iniulah maka pembelajaran kurang efektIf.
Sebagai contohnya adalah pada daerah byang terpencil penyediaan akan fasilitas ini sangat kurang,sehingga masyarakat belum bisa menyeluruh dalam menggunakan komputer khususnya dalam membelajarkan diri akan pentingnya komputer sebagai alat media pembelajaran.
3.teori yang melandasi dalm pembhasan ini adalah:
teori neo behaviorism.dalam teori ini dijelaskan tentang pentingnya manusia mempelajrai teknologi untuk meningkatkan logika berfikir manusia.
Karena dengan teori ini jika salah dapat diulang lagi,seperti contohnya ketika seseorang yang salah ketika mengetik maka ketikannya itu dapat dihapus dan diulang kembali.
B.INTI DISKUSI
a.Pertanyaan.
1.teori yang melandasi tentang peran komputer sebgai media pengembang?
jawab:
teori yang melandasi teori ini adalah teori neo behaviorism karena jika salah dapat diulang kembali.seperti jika ketika mengetik salah,ketiukannya dapat diulang kembali.
2.sikap yang harus dilakukan dalam menghadapi kendala-kendala dalm menggunakan komputer?
jawab:
melalui pelatihan-pelatihan(kursus)yang itu bisa dilakukan melalui lembaga-lembaga pendidikan ataupun di sekolah-sekolah
3.kesimpulan dari pembahasan mengenai peran komputer dan pendapatnya?
jawab:
Kesimpulan dari peran komputer adalah bahwa komputer itu sangat membantu dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di indonesia,karena dengan media komputer ini akan mempermudah & memperlancar proses belajar peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar